Senin, 27 Agustus 2012

Pasukan Rusia Jalani Latihan Anti-Teror di AS

MOSKOW - Angkatan Udara Rusia siap bergabung dengan latihan anti-teror bersama Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Latihan itu disebut dengan nama Vigilant Eagle 2012 dan akan digelar hingga akhir Agustus.

"Latihan The Vigilant Eagle 2012 akan digelar pada 27 hingga 29 Agustus. Latihan itu ditujukan untuk meningkatkan intensitas komunikasi antara pasukan Rusia dan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) bila ada serangan dari kelompok teroris di sebuah pesawat sipil," ujar juru bicara militer Rusia Alexander Gordeyev, seperti dikutip RIA Novosti, Senin (27/8/2012).

Vigilant Eagle sebelumnya sudah digelar pada 2010 lalu oleh ketiga negara tersebut. Pusat latihan anti-teror itu terletak di Colorado Spring, AS dan Anchorage, Alaska. Latihan itu juga digelar di Kota Khabarovsk dan Petropavlovsk-Kamchatsky, Rusia.

Pasukan Rusia akan dipimpin oleh Mayor Jendral Sergei Dronov. Sementara itu, kelompok kedua dari pasukan Rusia dipimpin oleh Mayor Jenderal Sergei Zhmurin.

NORAD adalah organisasi yang memfasilitasi pertahanan udara AS dan Kanada. Latihan yang digelar NORAD akan mensimulasikan sebuah perjalanan pesawat sipil dari Alaska ke wilayah Rusia. Setelah itu, pesawat tersebut akan kembali ke wilayah AS.

"Latihan ini mensimulasikan adanya pesawat yang diserbu oleh kelompok teroris. Pesawat itu tidak bisa berkomunikasi. Dalam skenario latihan perang itu, pasukan Rusia dan NORAD mengerahkan pesawat tempur untuk mengalihkan menyelidiki peristiwa itu," ujar NORAD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar