Senin, 27 Agustus 2012

Bolt Jadi Duta Wisata Jamaika

KARACHI - Usain Bolt bakal memiliki kesibukan baru di luar atletik. Pelari tercepat dunia ini didapuk sebagai duta pariwisata oleh pemerintah Jamaika.

Bolt sukses mencuri perhatian dunia saat tampil membela Jamaika di Olimpiade 2012, London. Dalam multievent olahraga empat tahunan itu, Bolt mengulang sukses di Olimpiade Beijing empat tahun sebelumnya, dengan menguasai tiga nomor yang diikutinya, yakni 100m sprint, 200m dan 4x100m estafet putra.

Bahkan pada nomor 100m sprint, pelari berjuluk The Lighting Bolt sukses memecahkan rekor Olimpiade. Torehan prestasi mengesankan ini sontak membuat nama Bolt terkenal di seluruh dunia.

Kini, setelah Olimpiade resmi berakhir, pemerintah Jamaika meminta bantuan Bolt untuk meningkatkan pendapatan Negara, salah satunya dengan mempromosikan tempat-tempat pariwisata di Negara Kepulauan Karibia yang terkenal dengan pantai dan lautnya ini.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Bolt membantu Jamaika mempromosikan tempat-tempat pariwisatanya. Pada 2010 lalu, pemegang rekor dunia lari 100m dengan catatan 9,58 detik ini bahkan tampil di tiga video promosi milik pemerintah.

“Sejak dulu, pelari legendaris kami  sudah membantu menarik minat turis untuk datang, dan kini dalam beberapa tahun terakhir, Usain Bolt melanjutkan itu dengan keunikannya dalam mempertahankan gelar,” tutur Menteri Pariwisata Jamaika, Wykeham McNeill dikutip Business Recorder, Jumat (17/8/2012).

“Dampak dari berlari itu akan memberikan efek positif buat pulau ini ke depannya. Ini akan membantu Jamaika menarik semakin banyak wisatawan olahraga,” pungkasnya.

Keputusan pemerintah menggunakan Bolt sebagai ‘duta pariwisata’ ternyata tidak salah. Pasalnya, pada 2010 lalu, menurut laporan data dari World Bank, sebanyak hampir dua juta (1.922.000) wisatawan asing datang berlibur ke Jamaika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar